Minggu, 26 Juli 2015

Pukis

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh...Taqabbalallaahu minna wa minkum taqabbal yaa kariim...dalam kesempatan ini, saya juga haturkan permohonan maaf, jikalau mungkin sejak awal saya menulis diblog ini, ada khilaf dari saya yang disengaja atau tidak sudah menyinggung atau menyakiti hati teman2, mohon sekiranya utk dimaafkan...

bagaimana kabar'nya teman2..semoga selalu baik dan semoga kita senantiasa dlm keberkahan Allah SWT. Aamiin.. 

kali ini saya hanya posting resep pukis yg baru saja saya buat minggu kemarin utk cemilan anak2 dirumah, sedikiitt aja cerita, kalau selama ini saya juga pernah uji coba resep pukis hasil copy paste dari beberapa foodbloger, (heheh..teteuupp nyontek resep) tapi gak tahu kenapa, kok rasanya belum seperti yg aku harapkan, maksud'ku seperti pukis ala banyumas yg dijual itu lho..sebenarnya resep yg sebelum2'nya itu juga enak lho, tapi...hanya belum bisa pas aja gitu lho teman2...(hadeehhh mau menjelaskan kok ya bingung to ya...) sebagai pemula dlm ilmu per'bakingan..cieee..aku tdk bisa memberikan analisa apkah yg menyebabkan hasil dari resep itu belum bisa memuaskan, apkah karena resepnya (kayaknya gak mungkin dehh..) ataukah yg uji coba resep tsb.. (oww !!! jadi malu) rasa'nya seperti jatuh dari pohon jambu..heheheh. baiklah singkat cerita, dari beberapa resep yang pernah kucoba, hanya resep dari Chef Deddy Rustandi yg menurutku memuaskan (hampir seperti pukis yg dijual itu). dan kayaknya bukan aku saja yg memiliki pendapat demikian, karena anak2 pun benar2 sukaaa...(haihh..jadi terharu emak'nya) saking sukanya, pukis itu tdk bertahan lama di meja makan, langsung ludess habiss...Alhamdulillahh..berikut ini aku tuliskan kembali resep'nya, oh iya waktu aku coba kemarin itu, aku hanya pakai 1/2 resep saja, dan itu juga sdh banyak lho hasilnya teman2...

 
Pukis (by. Deddy Rustandi)
Bahan biang : 11 gram Ragi instan, 60 ml Air, aduk rata, diamkan selama 15 menit

Bahan :
500 gram Beruang Biru
350 gram Gula pasir
250 gram Telur utuh (+/- 5 btr)
75 ml Susukental manis
100 gram Margarine, dilelehkan
625 ml Santan dari 1 butir kelapa
5 gram Garam
1 gram Vanili
5 gram Baking powder 

Toping  : Kismis / meises / keju / selai --> (aku pakai kacang cincang, keju & meises)

Cara Membuat:
1. Kocok gula dan telur sampai putih dan mengembang.
2. Tuangkan telur kocok dan santan secara bergantian ke dalam terigu, aduk rata.
3. Masukkan adonan biang, susu, margarine, vanili, baking powder, aduk rata.
4. Tutup adonan, diamkan selama ± 2 jam.
5. Panaskan cetakan pukis, olesi dengan margarine, tuangkan adonan kira-kira setinggi cetakan.
6. Masak dengan api kecil sampai ½ matang.
7. Taburi permukaannya dengan kismis / meises / keju, tutup, masak dengan api kecil sampai matang
selamat mencoba.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar