Minggu, 16 Desember 2012

Puding Santan Gula Merah

sudah hampir 2 minggu gak update blog nih, yahh... maklum lah, lha wong yg diurusi banyak, ya kerjaan kantor, ya kerjaan rumah, apalagi anak-anak kan juga selesai ujian akhir semester pertama, jadi pas saat ujian kemarin ikut senewen juga, gimana nggak..lha wong ibunya ikut belajar juga (ngajarin maksudnya). oke dehh..cukup itu aja ceritanya, aku langsung ke temanya aja yah...(halahhh..kayak ngarang aja pake tema) kali ini aku mau share untuk resep yang barusan aku praktek-kan, yaitu Puding Santan Gula Merah,  resep ini aku contek dari blognya mbak Ricke Indriyani (bundanya Nadhifa), so many thanks sudah share resepnya ya mbak Ricke..

Puding ini sangat lembut, gurihh, dan pastinya enakk sekali...dan ada lagi yang bikin puding ini tambah enak, yaitu aroma pandannya yg khas (asli daun pandan). ok ini yah resepnya, ada modif sedikit dari aku :

PUDING SANTAN GULA MERAH


Bahan Puding :
- 1 bks agar-agar (plain)
- 300 gr gula merah (sisir halus)--> aku pake 250 gram sudah manis
- 800 ml santan kental (aku pake kara instan 400 ml, aku tambahkan air 400 ml)
- 100 ml Air matang
- 2 butir telur (aku pake 2 kuning telur)
- 1/4 sdt vanilli bubuk
- sepucuk sdt garam
- 5 lembar daun panda (sobek-sobek lalu simpulkan jadi satu)

Pelengkap Puding :
- daging kelapa muda (dikerok) atau
- nangka (potong memanjang)

Cara Membuat :
1. masak gula merah dan air matang, jerang diatas api sedang hingga gula larut, angkat, saring, sisihkan.
2. dalam panci yang lain, masukkan santan, garam, vanilli, dan air gula merah, aduk merata. lalu masukka agar-agar, aduk kembali sampai rata.
3. kocok lepas kuning telur, lalu masukkan ke dalam adonan santan yang tadi, aduk rata. terakhir masukkan daun pandan.
4.masak adonan agar-agar diatas api sedang sambil diaduk perlahan searah dan konstan.
5.kurang lebih 20-25 menit adonan kelihatan mendidih pertama kali langsung matikan api.
6.tuang adonan ke dalam cetakan yg sudah dibasahi dengan air lalu beri potongan nangka/kelapa muda. tapi waktu trial resep ini aku gak pake garnis, karena kebetulan tidak punya stock bahan tersebut di rumah, trus mau beli ke pasar kok ya males bangett, hehehe..next time kalo bikin lagi aku kasih dehh..biar mantapp.

Nahh..gampang kan cara buatnya, yukk dicoba..dijamin suka dehh, karena selain rasanya yang enak & lembut, aromanya itu lho..gula merah ketemu pandan, hmmmm...indonesia bangett rasanya.

Note : kunci pembuatan puding ini adalah pada saat pemasakan adonan, usahakan adonan terus diaduk perlahan searah & konstan, untuk menghindari pecahnya adonan. dan supaya puding terlihat cantik dan mulus merata. oh ya..puding ini juga bisa di cetak dalam cup-cup kecil untuk tambahan snack box lho..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar