Senin, 24 Desember 2012

Classic Chesse Cake

"long weekend" judulnya libur panjang nih..lumayan juga buat istirahat dan coba2 resep di dapur, kebetulan sekali aku sudah penasaran banget coba resep clasis chesse cakenya bu Fatmah Bahalwan (NCC). lah..kebetulan mau praktek, kok tiba2 saudara datang ke rumah dan minta dibikinkan 2 loyang cake buat sajian arisan di rumah mertuanya di Mojokerto. dan dia bilang cakenya terserah bakul'e katanya, hehehe..

Ini bak gayung bersambut (kata pepatah), lha iya...pikirku aku buatkan saja chesse cakenya sekalian praktek, (spekulasi aja, kalo sampe gak jadi, aku bisa ganti cake yang lain). cuman dalam hatiku sih..Insya Allah aku bisa bikin ini cake, secara konsepnya adalah butter cake (hmmm congkak dehh..). dan setahuku butter cake adalah cake yang "anti gagal" cuman ini ada perbedaan sedikit aja, yaitu pada pemisahan telurnya.

saudaraku bilang, cake ini akan dibawa sore harinya dan untuk dikonsumsi besoknya. oke dehh..aku bilang, tidak perlu waktu lama kok bikin cake ini, hanya 2 jam aja aku bikinnya, kenapa 2 jam, karena memang untuk proses pemanggangan, cake ini butuh 45 - 50 menit, jadi untuk 2 loyang cake ini aku hanya menghabiskan waktu 2 jam saja.

Resep cake ini aku buat persis sama dengan aslinya, tanpa ada yang aku modif, karena jika aku lihat, semua takaran sudah pas. semua resep NCC memang TOP BGT kok. & utk Ibu Fat, aku sangat berterima kasih sekali karena sudah sangat banyak menginspirasi & memotivasi aku, walaupun kita tdk pernah bertemu secara langsung, tapi aku adalah salah satu pengagum anda, mungkin suatu saat nanti, jika Tuhan mengijinkan, saya akan bisa ketemu dengan anda Amiin.  oke..berikut resepnya :


CLASSIC CHESSE CAKE
by. Fatmah Bahalwan

Bahan :
- 200 gram gula kastor
- 300 gram Mentega/Margarin
- 7 butir kuning telur
- 5 butir putih telur
- 250 gram tepung terigu
- 200 keju parut

Cara membuat :
1. Kocok mentega/margarine & gula hingga mengembang, lalu masukkan kuning telur sambil terus dikocok hingga rata. lalu masukkan sebagian keju parut kocok rata.
2. masukkan tepung terigu aduk rata.
3. kocok putih telur soft peak, lalu campurkan dengan adonan mentega secara bertahap sambil diaduk rata.
4. tuang ke loyang diameter 24 cm. (sebelumnya dioles mrgarine dan ditabur sedikit tepung)
5. taburi atasnya dengan sisa keju parut.
6. panggang selama 45 - 50 menit.

Tapi maaf yah, disini aku gak bisa cerita bagaimana rasanya karena cake ini langsung aku serahkan yang punya utk dibawa. jadi aku hanya melongo aja saat melihat cake ini sudah jadi, hmmm...gak kebayang gimana sedapnya makan sepotong cake ini. apalagi pas keluar dari oven..begghhh...harumnya butter campur keju, bikin angan2 melayang deh. rencananya mau bikin lagi sendiri waktu itu, tapi kok mau uplek2 lagi kok yo mualess banget. wes capek deh..

Pas cake itu sudah dibawa pergi, dalam hati aku khawatir juga, kalo dikonsumsi besoknya, apa masih enak gak yah..trus, apa gak keras ntar..lumayan kepikiran juga sih. Sampai akhirya sore berikutnya aku terima sms dari saudaraku itu, di bilang "cakenya enak, kata orang-orang yg makan sore itu hampir semua bilang enak" Alhamdulillah..batinku. walau gak bisa tahu rasanya cake itu, tapi menerima khabar seperti itu aku merasa  sudah terwakil-kan untuk bisa menikmati rasanya. bukan hanya itu, dengan memberikan kepuasan rasa untuk orang lain saja, itu sudah cukup membahagiakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar