Minggu, 10 Maret 2013

Chiffon Cake Dasar

Sudah lama sekali aku tertanntang utk bikin Chiffon cake yang terkenal lembut & beda cara pembuatannya itu, tapi karena saat itu aku belum punya loyangnya, jadi keinginan itu belum bisa terlaksana, nahh..pas kemarin libur, aku sengaja menyempatkan diri utk jalan-jalan ke TBK utk belanja stock bahan kue disana, dan ehhmm..sambil melirik barang2 yang sudah diidamkan.hehehe..jadi, pamitnya sama orang rumah cuman sebentar, ehh ternyata "nyantol" di tempat loyang, hihihi..dilihat, dipilih, dan dibeli dehh..termasuk loyang chiffon-nya donk.

Oh ya, tapi masih ada satu lagi keinginanku yang belum kesampaian nih..(aduhh buu..banyaknya yg dipengen) yaitu beli kukusan klakat, secara nih dari 5 kali percobaan sampe sekarang, aku belum bisa menaklukan si Bolkus itu (apa iya..ada kutukannya). btw itu sudah aku targetkan juga lho di Anggarann Belanja Daerah.."ehh salah ding...anggaran belanja RT donkkk"...oke !! balik ke cerita si chiffon cake tadi, aku sengaja pilih resep dasar Chiffon dari sedap, ya iya lahh..kan baru pertama bikin, daripada ntar gak jadi trus nangis guling..guling. oke, resepnya aku share juga dibawah yahh..sedikit tambahan aja nih..cake ini memang asli lembuuutt banget, makanya dinamakan chiffon, lentur dan lembut "mak pesss" gitu..heheheh (halaahh bahasanya).

  gambar diatas, saat cake sudah matang & langsung dibalik, gak pake botol karena si loyang udah punya kaki..empat lho kakinya hehehe..

nahh..yg ini saat cake sudah hangat kuku & aku keluarkan dari loyangnya, mudah kok mengeluarkannya, pake pisau & disisir pinggirnya, gak perlu disisir semua, dia sudah lepas dengan mudahnya, trus tinggal lepas kunci dibawah loyangnya, sisir sebentar bagian bawah, lepas dehhh..tuhh penampakannya muluss kannn.

 nahh..kalo ini aku sengaja langsung segera potong, untuk membuktikan kematangannya, & kelembutan cakenya ( halahh..bilang aja kalo gak sabar pengen nyicip kuenya, soale sedari pagi blm sarapan) hehehe itu juga sihhh. Jadi kesimpulannya cake ini benar enakk, lembuttt & Recomanded. next akan coba dengan beberapa varian-nya (yg marmer, yg rainbow, coklat, pandan, keju) pokok'e banyak deh. secara kan dasarnya udah lulus kan..hehehe.

Bahan-bahan :
120 gram tepung terigu protein rendah
50 gram gula pasir halus
75 gram minyak goreng
75 ml air (aku pake susu cair, bisa juga pake santan cair)
5 kuning telur
5 putih telur
1/2 sendok teh cream of tartar (aku pake jeruk nipis)
1/2 sendok teh garam
75 gram gula pasir

Cara membuat :
  1. Campur minyak goreng dan air. Aduk rata. Sisihkan.
  2. Ayak tepung terigu. Tambahkan gula pasir halus. Aduk rata.
  3. Masukkan campuran minyak goreng sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.
  4. Tambahkan kuning telur. Aduk rata. Sisihkan.
  5. Kocok putih telur, cream of tartar/jeruk nipis, dan garam sampai setengah mengembang. Tambahkan gula pasir sedikit-sedikit sambil dikocok sampai mengembang.
  6. Tuang ke campuran tepung sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.
  7. Tuang di loyang chiffon diameter 20 cm tinggi 10 cm tanpa dioles. (loyangku 22 cm, krn adanya yg itu)
  8. Oven 55 menit dengan suhu 180 derajat Celsius. Setelah matang segera tangkupkan di atas botol. Biarkan sampai dingin.(yg loyangnya sdh ada kakinya, gak usah pake botol ya..)


7 komentar:

  1. pas deh, yang kek gini nih yang lagi aku cari,thanks ya mbak. en langsung aku coba nih soalnya bahannya udah lama menunggu,ntar aku share hasilnya...

    BalasHapus
  2. sama2...semoga berhasil ya...

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. baking pan, bisa mbak Kiky..tapi kalau bisa yg tinggi'nya kira2 7cm atau lebih, karena kalau kurang tinggi, takutnya adonan akan membumbung tinggi ditengah, jadinya kurang cantik...

      Hapus
  4. wah bu Ya Ni ini pasti pinter bikin roti,,,resep-resepnya menarik dan perlu dicoba

    BalasHapus