Minggu, 07 September 2014

Kue Putu Ayu (Tepung Ketan Hitam)

Dua minggu yang lalu saya beli tepung ketan hitam di salah satu temen foodbloger juga, namanya mbk Diah didi, yg berdomisili di semarang, aku suka sekali mampir & lihat postingan di blognya, karena dia suka berbagi ilmu, baik dalam hal memasak/baking, bahkan saking baiknya, terkadang dia suka posting step by step membuat suatu makanan yg mungkin kita anggap agak sulit dan perlu penjelasan lebih jelas lagi, apalagi buat pemula seperti saya ini..heheheheh. singkat ceritanya aku beli tepung ketan hitam organik yg dia jual, sebenarnya mbak Diah itu tdk menjual, tetapi banyak dari kita yang berminat untuk membeli jadi akhirnya mbak Diah membantu untuk distribusikan langsung dari produsennya.  sebenarnya banyak varian tepung yang mbak Diah jual selain tepung ketan hitam, tapi karena aku belum begitu berminat, jadi aku hanya beli tepung ketan hitamnya saja. karena sudah lamaaa sekali kepingin coba rasanya cake dari bahan tepung ketan hitam itu..katanya yg rasanya legit, moist, trus ada sensasi "masir/berpasir" gitu ya...(bingung jelasinnya..heheheh).

Karena di postingan mbk Diah ada beberapa jenis makanan yg berbahan tepung ketan hitam, aku juga jadi bingung menjatuhkan pilihan mau bikin apa, sampai akhirnya aku putuskan fokus ke obsesi awal, yaitu bikin cake, nahh..karena di blog tersebut juga ada beberapa varian cake berbahan tepung ketan hitam, akhirnya aku putuskan untuk bikin putu ayu ketan hitam aja, kenapa teman2...heheheh, karena selain pemakaian telur yang tidak banyak, jadi bisa meminimalkan perasaan "kecewa" kalau nanti hasilnya tidak sesuai harapan atau bahkan gagal, soalnya ini baru trial perdanaku menggunakan tepung ketan hitam..(walahhh.... kemana aja buuu...)

Baiklah teman2, ini adalah penampakan Putu Ayu Ketan Hitam yg kemarin aku buat, karena cetakan sakuraku tidak terlalu tinggi, jadinya antara cake & kelapa hampir sama, idelanya kalo yg umum itu kan cakenya yang lebih tebal dari kelapanya, tapi ya sudahlah, namanya juga trial perdana (hehehe...bisa aja nge'less) tapi untuk rasanya memang beneran enak lho teman2, lembut, lagit dan moist, pokoknya enak deh..resep ini memang asli aku pake punya mbk Diah, cuman ada sedikiit aja bahan yang aku rubah. berikut resepnya ya..

PUTU AYU (Tepung Ketan Hitam) 
by Diah Didi


Bahan :
150-200 gr kelapa parut kasar (tergantung pemakaian kelapanya)
3 butir telur ayam
1/4 sdt garam
100 g gula pasir (kemarin saya pakai 125 gr)
1 sdt SP ( emulsifier )
100 g terigu protein sedang (saya pakai 50 gr)
50 g tepung ketan hitam (saya pakai 100 gr, krn ingin rasa tepung ketannya yg lebih dominan)
100 ml santan dari 1/2 butir kelapa (saya pakai santan instan dan tambah air, menjadi 100 ml)

Cara Membuat :
* Siapkan cetakan putu ayu, oles dengan minyak.
* Siapkan kelapa parut dalam baskom, beri sedikit garam aduk rata, ambil kira2 1 sdm, dan taruh di dasar cetakan putu ayu. kukus 15 menit
* Campur rata & ayak : tepung ketan hitam & tepung terigu
* Kocok telur, garam, gula pasir, dan SP sampai kental dan mengembang.
* Tambahkan tepung sedikit demi sedikit secara bergantian dengan santan, sambil aduk rata.
* Tuang ke dalam cetakan, yang sudah berisi kelapa parut tadi. kukus kira2 20-25 menit, dengan api sedang. 





nahh..diatas itu gambar saat memasukkan kelapa parut ke dalam cetakan, yang gambar ke dua, saat adona selesai, dan yang ketiga pas sudah mateng deh....hmm sedap lho teman2..cobain yukk..

2 komentar:

  1. wah, makasih udah berbagi resep putu ayu tape kentannya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2..terima kasih juga sdh mampir di blog saya

      Hapus