Rabu, 05 Desember 2012

Bolu Kukus Lapis trio

di akhir tahun ini, sudah mulai masuk musim penghujan, hampir tiap hari suasananya mendung, jadi bikin males beraktifitas, tapi untuk urusan mengurus anak jalan terus donk, nah..loh!!!..kalo anaknya gak keurus sapa yg ngurusin..wkwkwk. maksudku, jadi males berangkat ke kantor gitu. Aktifitas rutinku setiap hari lumayan sibuk lho, mulai selesai subuh, aku udah langsung pergi ke dapur, sambil liat2 kebutuhan dapur yg akan kubeli, karena setelahnya aku langsung pergi belanja ke pasar. sepulang dari pasar, langsung menuju dapur lagi untuk meneruskan "pertempuran" wkwkwk (perang kaleee...), lha iyalah..lha wong memang langsung bongkar belanjaan trus diolah untuk dimasak. kurang lebih 1 jam, aku umek di dapur untuk menyiapkan masakan, aku lihat anak2 sudah dibangunkan sama Bapaknya untuk segera mandi & bersiap diri. karena jam masuk sekolah mereka adalah jam 07.00. Aku sibuk dengan urusan dapurku, Bapaknya sibuk membantu urusan anak2, seperti memandikan si kecil,(anak-ku yg nomer dua sekarang masih kelas 1 SD), sebenarnya adek mulai kita latih untuk mandi sendiri. tapi khawatir kalau kurang bersih jadi masih sama Bapaknya. Singkatnya, kurang lebih jam 6 pagi, aku sudah selesai dengan semua kesibukanku di dapur, anak-anak pun langsung sarapan, dan setelahnya tepat pukul 06.45, mereka berangkat. Aku lihat diluar, cuaca masih mendung, aku pun ingin bersiap diri untuk berangkat ke kantor, tapi tiba2 koq kepikiran pengen buat camilan untuk dikantor, dan dirumah tentunya. yahh..maklum, camilan untuk anak2 juga sudah habis.aku duduk sebentar sambil buka-buka koleksi resepku, hmmm..ini dia, pilihanku jatuh pada resep yg aku copas dari blog dapur bu erna, disana ada salah satu resep bolu kukus, namanya bolu kukus lapis trio, bukan trio macan lho..wkwkwk, ini karena lapis bolunya ada 3 warna, yaitu putih, hijau pandan, dan merah.resep ini juga diambil bu Erna dari buku yg dususun oleh Yeni Ismayani (Penerbit Gramedia) setelah aku baca dengan seksama resepnya, akupun langsung mampir dapur lagi untuk menyiapkan semua bahan, dan mulai bikin adonan, aku lihat jam menunjukkan pukul 07.15, yahh..masih sedikit longgar lah waktunya.sampai akhirnya jam menunjukkan pukul 07.35, aku sudah selesai dengan semua adonanku, dan tinggal mengukus saja. tiap lapis bolu-nya dikukus kurang lebih 10-15 menit. setelah sampai pada lapisan ketiga (yang berwarna merah) akupun segera mandi dan bersiap diri. sambil menunggu bolunya matang. Dan setelah menit ke-20. aku segera matikan kukusan dan woww..bolunya matang sempurna & aromanya sedapp, karena ada santan & pandan. Nahh..disini aku tulis kembali resepnya yahh, cuman ada sedikit yang aku rubah, biasa..sok kreatif, tapi hasilnya menurutku enak & sedap, teksturnya juga lembuuttt. ini yah resepnya
Bolu Kukus Lapis Trio :

Bahan-bahan : 
 - 6 butir telur
 - 250 gram gula pasir (aku pake 230 gram, menurutku sdh manis)
 - 275 gram tepung terigu (aku pake 250 gram terigu, & 25 gram susu bubuk FC)
 - 1/2 sdt vanili bubuk
 - 200 ml santan kental (aku pake santan instan kara biar cepet)
 - pewarna merah secukupnya, pewarna hijau secukupnya (untuk pewarna hijau, akan lebih sedap lagi kalo pake air perasan pandan yg dicampur daun suji) tapi kalo susah carinya ya gak apa2.

 Cara membuat :
1. Siapkan loyang bulat dengan diameter 25 (aku pake 22 cm) alasi dengan kertas roti, lalu oles dengan margarin.
 2. Kocok telur dan gula pasir hingga berjejak.
 3. Masukkan tepung terigu, vanili dan santal kental (bergantian), aduk balik hingga adonan tercampur rata (homogen).
4. Bagi adonan tiga bagian. Satu bagian diberi pewarna merah, satu bagian diberi pewarna hijau, dan sisanya biarkan plain.
5. Tuang adonan putih (plain), kukus selama 10-15 menit, adonan tetep dalam kukusan, lalu tuang adonan warna hijau, kukus lagi 10-15 menit, terakhir tuang adonan warna merah & kukus selama 15 - 20 menit atau hingga matang, angkat & dinginkan. Setelah agak dingin keluarkan dari loyang, potong potong.

Note : Bolu ini walaupun gak pake toping, sudah enak lho, untuk teman minum teh/kopi, dan bisa juga buat bekal. kayak aku gini, sebagian aku bawa buat bekal ke kantor. sebagian buat cemilan dirumah daripada jajan diluar. mudah & sederhana kan..yukk coba bikin, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar